Senin, 14 Oktober 2013

Petualangan Baru Semangat Baru

Hari Selasa tanggal 1 Oktober 2013 tiba2 HP gue berbunyi, ada telpon dari nomor yang ga gue kenal. Gue mencoba berfikir apakah dalam seminggu ini gue pernah ngutang sama temen apa nggak, apakah vicky prasetyo udah sadar kalo bahasa intelektual dia itu salah, apakah Gaston sama Julia Perez udah resmi menikah, gue bingung jemuran udah diangkat apa belum. Pas gue angkat ternyata itu telpon dari mbak kepala cabang Pr*me di Malang, dia ngasih suatu kabar yang menyenangkan sekaligus menyesakkan. Dia bilang gini, "Jos aku mau ngasih tau,kamu siapkan barang2 untuk pemberangkatan tanggal 6 nanti ya". Gue bingung harus seneng apa gmn, gue seneng sih perjuangan gue selama ini akhirnya berbuah hasil, akhirnya gue berangkat juga ke Jerman. Disamping itu gue juga sedih harus meninggalkan kota Malang tempat gue menimba ilmu di SMA 4 Malang dan meninggalkan temen2 SMA gue yang ada dimalang, terutama meninggalkan orangtua. Gue juga sedih harus ninggalin mbak2 indomaret yang biasa nyapa "Selamat pagi, selamat datang di Indomaret". Memang sih selama SMA gue udah terbiasa hidup sendiri di Malang soalnya orangtua gue tinggalnya di Lampung, tp kalo sampe beda benua gini ya sedih juga harus ninggalin ortu. Tapi ya mau gimana lagi, ini udah pilihan gue dan gue rasa ini jalan yang udah disiapin Tuhan buat gue. Terasa berat memang, tp ini semua langkah awal yang harus gue ambil untuk mencapai cita-cita gue. Gue percaya Tuhan udah punya rencana yang sempurna buat gue.

Hari jumat pagi tanggal 4 Oktober 2013 sekitar jam 8 pagi gue udah tiba di Bandara Abd.Saleh di Malang. Itu saat dimana gue harus meninggalkan kota Malang untuk memulai petualangan yang baru. Sebelum masuk keruang tunggu ada 2 temen gue cewek si @meidyodiyani sama si @gitaagitgit dateng kebandara buat ngasih suatu bungkusan kado. Mereka mmg SOK sweet tp gue makasih banget buat mereka, super big thanks lah pokoknya ya :p

Mendekati hari keberangkatan gue semakin degdegan, gue kepikiran bakalan ninggalin keluarga dan temen2 gue di Indonesia. Gue semacam ga tega buat jauh dari mereka. Gue juga ga tega buat ninggalin negara Indonesia untk waktu yang cukup lama. Gue lahir disini, besar disini, dan matipun harus disini.

Tanggal 5 Oktober jam 19.30 gue dianter sama ortu gue ke Bandara Soekarno-hatta di Cengkareng. Pesawat gue memang terbang tanggal 6 Oktober jam 01.45, tp gue sama rombongan yang lain harus briefing dulu jam 20.00. Ternyata udah cukup rame anak2 rombongan yang nunggu diterminal 2D. Selama sekitar 30 menit kami diberi penjelasan panjang lebar. Kami harus menunggu sampe jam 21.30 untuk check in barang2 kami. Gue ditemenin sama bokap, nyokap, dan adek gue, kakak gue gabisa ikut. Pas udah mau check in barang2 gue nyempetin berfoto sama ortu gue, sama adek gue, dan juga pamitan sama mereka. Gue juga ga lupa buat foto2 sama mbak2 Indomaret sebelum gue berangkat. Gue sedih banget sumpah, gue bakalan berada dibenua yang berbeda dengan mereka dan belum tau kapan gue bisa pulang. Gue memang udah pernah ngalamin momen kayak gini pas gue SMA, tp itu sih masih belum seberapa soalnya masih satu negara dan bisa ditempuh sekitar total 2,5 jam dengan pesawat. Kali ini gue bakalan berada disalah satu negara yang jaraknya sekitar 15 jam naek pesawat. Gue sedih memang, tp gue berusaha untuk tegar (sok tegar sih lebih tepatnya). Gue mencoba berpikir, "Gue pergi buat bikin mereka bangga suatu saat nanti, dan itu harus gue lakuin". Buat gue, ga ada yang ngalahin rasa puasnya ketika ngeliat ortu kita bisa bangga dan tersenyum karena kita
foto sama bos besar
foto sama my little bro
featuring nyokap and adel
foto sama nyokap

Dengan perasaan berat hati gue harus meninggalkan mereka untuk memulai petualangan hidup gue yang baru ini. Gue masuk kedalem untuk check in barang bagasi. Setelah itu, kami diberi pengarahan sekali lagi sebelum masuk ke imigrasi dan masuk ke ruang tunggu. Kami menunggu sampe pukul 23.30 untuk ke imigrasi dan jalan masuk ke ruang tunggu. Setelah melewati beberapa pemeriksaan yang cukup ribet akhirnya kami masuk juga keruang tunggu. FYI, kami satu pesawat ada 10 orang. Kami diruang tunggu sambil ngantuk2 nunggu boarding jam 00.45. Akhirnya setelah menunggu beberapa jam panggilan boarding tiba juga, gue sama rombongan satu persatu masuk kedalem pesawat mencari seat kami masing2. Gue dapet seat di 40K,diwindow. Gue seneng sih dapet dideket jendela brti bisa liat2 pemandangan pas pagi hari. Akhirnya setelah semua siap pesawatpun siap untuk Take off. Gue dan temen2 gue resmi meninggalkan negri tercinta ini (ceileh).

"Untung belum diraih, sial sudah kudapat"
Begitulah kira-kira peribahasa yang bisa menggambarkan keadaan gue didalem pesawaat saat ini. Karena masih malem otomatis gue belum bisa melihat pemandangan apapun walaupun gue dapet seat disamping jendela. Lo semua pasti tau kan kalo duduk dideket jendela paling susah kalo mau pipis karena harus minta ijin sama yang duduk disebelah kita untk bisa keluar. Entah kenapa bule yang duduk disebelah gue sengaja apa gmn dia tidur pake penutup mata dan tidur dengan nikmatnya sambil mulutnya terbuka dengan indahnya. Otomatis gue yang udah kebelet kencing diujung tanduk ini susah dan ga enak dong mau minta ijin sama tu bule. Dengan menyisakan perjalanan yang masih panjang gue menahan kencing sekuat tenaga gue. Karena sial udah gue dapetin sebelum untung, akhirnya untungpun gue dapetin juga. Gue dapet foto yg lumayan asik dari jendela.
Pemandangan dari jendela
Akhirnya setelah sekitar 6 jam dipesawat, kami mendarat juga di AbuDhabi International Airport sekitar pukul 06.50 waktu setempat. Disana kami langsung masuk kebagian imigrasi untuk transit kepesawat selanjutnya menuju ke Frankfurt. Pesawat selanjutnya berangkat pukul 08.50. Jadi kami harus menunggu sekitar 2 jam untuk boarding. Dan tidak lupa, gue foto dulu disana :p
ganteng kan ?

Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya panggilan boarding tiba juga. Kami semua langsung bergegas membawa barang2 kami untuk masuk kedalam pesawat. Kali ini gue dapet seat 45C, brti gue dapet dipinggir deket jalan. Belajar dari pengalaman pernerbangan pertama tadi gue cukup lega dapet seat disini. Pesawat kamipun akhirnya lepas landas dari bandara AbuDhabi International airport.
Entah kenapa apa memang lg sialnya gue, 2 kali gue dapet tempat duduk yang diapit sama bule2. Temen2 gue ada yang dapet tempat duduk jejeran berempat atau minimal deketan berdua, nah gue 2 kali dapet ZONK terus. Tapi gpplah seenggaknya kali ini gue ga dapet dipinggir jendela yang agak susah buat keluar kalo mau kencing. Tapi lagi-lagi gue dapet sial ! Selama diperjalanan gue ga ngerasa sedikitpun kebelet kencing,malah bule disamping gue 2 kali bolak balik ke toilet. Susahnya duduk dipinggir deket jalan kalo ada orang mau kencing kita harus berdiri keluar dulu buat ngasih jalan kemereka, dan itu pas lg enak2nya nonton film. Untung aja gue orangnya baik, coba kalo gue jahat, mungkin udah gue lempar dari pesawat tu bule :s

Penerbangan kami kali ini menempuh kurang lebih 6 jam dari AbuDhabi ke Frankfurt. Capek juga sih dari tadi dipesawat 6 jam dan sekarang harus duduk lg dipesawat selama 6 jam. Mungkin kalo pantat gue bisa ngomong pasti dia udah ngomong "AKU PANAS, AKU LELAH, AKU TIDAK KUAT LAGI MENEMPEL DENGAN KURSI INI, LEPASKAN AKU". Gue mengerti kok apa yang pantat gue rasain, pasti dia bosen banget nempel lama2 sama kursi pesawat.

Akhirnya setelah menempuh penerbangan yang membuat pantat bisa berubah bentuk jadi persegi limapun berakhir. Sekitar pukul 13.30 waktu setempat kami mendarat dibandara international Frankfurt. Kami semua seneng banget akhirnya menginjakkan kaki dijerman, akhirnya merasakan udara dijerman yang begitu dinginnya kayak pake AC.
Kami langsung menuju ke Imigrasi untuk melapor sebelum mengambil barang2 kami. Setelah urusan dikantor imigrasi selesai kami semua langsung mencari barang2 kami. Anehnya kenapa udah nunggu setengah jam barang2 kami belum keluar juga. Masak iya barang kami salah mendarat ? Tp untungnya ada petugas bandara yang memberi tau kalo baru ada satu kontainer lg yang dateng, dan bener itu semua barang2 kami. Dengan tenaga yang cukup terkuras kami mengangkat semua barang bawaan kami .

Disini kami dijemput oleh Kak Anggi, seorang perwakilan dari Pr*me dan juga kakak kelas kami yang sudah lama tinggal di Jerman. Dari sana kami langsung diberi petunjuk dan arahan untuk melanjutkan perjalanan dari Frankfurt menuju Heidelberg menggunakan kereta. Kami segera membawa semua barang kami menuju stasiun. Dari sana kami langsung menuju ke Frankfurt Hauptbahnhof. Disana kami menunggu beberapa menit sebelum manaiki kereta menuju Heidelberg.
Frankfurt Hauptbahnhof

sepi banget

Setelah menunggu beberapa menit sekalian beristirahat akhirnya kami masuk kedalam kereta dengan membawa semua barang2 kami. Perjalanan ke Heidelberg ditempuh kurang lebih 20 menit. Setelah sampai disana kami dikumpulkan terlebih dahulu ditempat les kami untuk diberi pengarahan dan pembagian kelompok tidur. Setelah semua pengarahan diberikan kami diantar ketempat penginapan kami selama disini. Lumayan jauh sih sekitar 15 menit dengan jalan kaki untuk sampai kepenginapan kami, karena tenaga yang sudah terkuras dan barang yang terlalu banyak membuat perjalanan terasa melelahkan sekali.

Akhirnya kamipun tiba dipenginapan kami. Hal pertama yang kami lakukan adalah membongkar semua isi koper kami. Tempat tinggal kami walaupun sederhana tetapi cukup memuaskan. Fasilitas yang disediakan juga cukup memuaskan, ada kamar mandi dalem, dapur, dan juga microwave. Dalam satu kamar gue terdiri dari 4 orang.
tampak dalem tempat tinggal gue
Dikamar inilah kehidupan baru gue bakal gue mulai. Lingkungan baru, suasana baru, iklim baru, teman baru, budaya baru, dan yang utama pengalaman baru.

Perjalanan gue disini baru aja dimulai, masih panjang proses yang harus gue tempuh sebelum masuk ke Universitas. Gue masih harus kursus bahasa level B1 sampe B2. Setelah itu harus menghadapi test Studkol yang lumayan berat dan menjalani Studkol selama 2 semester, baru setelah itu test di Universitas. Ga mudah memang, tp gue percaya Tuhan ngasih gue kemampuan yang luar biasa, dan ini semua ga ada apa-apanya. Kuncinya adalah jangan mengeluh, sesungguhnya gue masih terlalu kuat buat mengeluh akan keadaan. Gue ada disini dengan satu tujuan ketika gue udah mendapat ilmu disini dan gue balik ke Indonesia, gue bisa mengambil bagian dalam perubahan bagi perkembangan Indonesia. Gue cinta sama negri tempat gue dilahirkan dan dibesarkan. Gue gamau cuma jadi penonton dikemudian hari, gue harus ikut ambil bagian dalam merubah bangsa kita kearah yang lebih baik lagi.

Buat semua yang ngebaca postingan gue ini, gue minta tolong bantuan doanya supaya semua bisa berjalan sesuai rencana dan lancar. Dan buat kalian yang mungkin menjalani kehidupan yang hampir sama kayak gue, gue doain juga semoga lancar semua urusannya. Mungkin ada suatu pesan kecil dari gue buat kalian semua yang ngebaca :

"Negeri kita indah dan megah, buat perubahan bagi bangsa ini, kitalah generasi perubahan"