Sabtu, 13 Juli 2013

Gagal itu biasa Part 1

Hallo mblo,selamat bersabtu malam~
Berhubung gue orangnya baik dan pengertian kepada kaum jomblo fakir asmara jadi Sabtu malem ini gue bakalan nemenin kalian dengan postingan ini, kali aja bisa menghibur dan menginspirasi kalian semua :D
Memang kalo lg malem minggu Sabtu malem kayak gini itu enaknya ya keluar berduaan sama pacar/gebetan gitu kan asik banget. Tapi, gue paham kok gimana perasaan kalian para kaum fakir asmara yang cuma bisa menikmati malem minggu Sabtu malem nonton film sendirian sambil ngemilin pop corn atau kalo pop cornnya udah abis ngemilin sendal jepit. Miris memang nasib mereka ini~
Udah deh dari pada berbelit-bellit mending kita langsung masuk aja ketopik sesuai judul diatas......
Cekidot.............

Oke,jadi sesuai judul diatas tadi "Gagal itu biasa" udah pasti yang bakal gue bahas adalah masalah kegagalan (ya iyalah masak ngebahas ibu-ibu hamil naek becak terus becaknya nyungsep). Jadi ceritanya gue kan baru lulus SMA sekitar bulan Mei yang lalu, so udah pasti setelah lulus SMA target selanjutnya adalah kuliah di PTN yang gue pengen. Gue dari kecil memang pengen banget suatu saat nanti kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kenapa gue pengen kuliah disana ? soalnya gue pengen banget sekolah teknik dan diIndonesia kalo mau belajar teknik terbaik ya dimana lagi kalo bukan di ITB. ITB juga termasuk universitas terbaik didunia dan akhirat. Selain itu yang ngebuat gue kepengen banget kuliah disana adalah bokap gue lulusan teknik sipil ITB dan sering banget cerita tentang semasa kuliahnya dulu di ITB. Gue juga sering banget tiap lagi jalan-jalan keBandung diajak main ke ITB dan dipamerin gedung fakultas teknik tempat bokap gue dulu kuliah. Memang keren banget,bangunannya masih berbentuk bangunan tua yang keren.

FTSL ITB (sumber)
Pada tahun gue (angkatan 2012/2013) semua siswa SMA yang terakreditasi A diperbolehkan mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri) yang dulu disebut SNMPTN Undangan. Dengan begini gue punya kesempatan untuk bisa jadi mahasiswa ITB melalui jalur SNMPTN, gue pun tanpa pikir panjang langsung mengisi formulir pendaftaran SNMPTN dengan memilih ITB. Memang kalo dipikir secara matematis kemungkinan gue untuk bisa diterima nggak besar, secara nilai gue selama 3 tahun sekolah ga bagus-bagus amat dan pastinya pendaftar SNMPTN yang memilih ITB jumlahnya bisa 3 kali lipat dari kuota penerimaan. Tapi, gue tetep mencoba mendaftar ke ITB walaupun peluangnya kecil, kali ada kehokian berpihak di gue dan gue bisa keterima.
Kartu pendaftaran SNMPTN gue
Setelah mendaftar SNMPTN dan melakukan verifikasi pendaftaran tinggal menunggu hasil. Selama menunggu hasil pengumuman SNMPTN gue tiap hari berdoa semoga diberi hasil terbaik untuk SNMPTN gue. FYI, selama menunggu hasil SNMPTN gue juga belajar bahasa Jerman karena gue udah mendaftar program studi S1 ke Jerman buat jaga-jaga kemungkinan terburuk kalo gue ga ketrima di ITB. Gue sebenernya berharap banget bisa lolos SNMPTN jadi gue ga perlu susah-susah lg belajar bahasa Jerman dan tinggal santai-santai dirumah sambil nonton FTV yang ceweknya cakep-cakep.

Mendekati hari H pengumuman hati gue semakin berdebar-debar kayak lg nunggu jawaban abis nembak cewek, tapi bedanya ini lebih mengerikan lg soalnya menyangkut masa depan gue. Pengumuman SNMPTN waktu itu dilaksanakan pada tanggal 27 Mei (kalo ga salah) dan bisa dilihat diwebsite resmi SNMPTN pada pukul 16.00. Waktu hari pengumuman gue masih menyempatkan diri untuk les bahasa jerman dari jam 13.00-16.00. Jantung gue berdetak cepat pada saat perjalanan pulang kerumah. Gue ngecek Recent Update di BB gue udah banyak temen gue yang bikin status "Alhamdulilah ketrima :) " atau ada juga yang bikin status "Belum jodoh :')", dan ketika gue ngecek twitter juga sama aja banyak temen gue yang update hasil SNMPTN mereka dan banyak juga yang tweet pict hasil SNMPTN mereka. Gue jadi semakin degdegan dan galau hasil SNMPTN gue gimana. Akhirnya sampe dirumah gue langsung buka laptop dan nyari nomer pendaftaran gue. Dengan gemeteran dan ingus keluar sedikit gue ngetik nomer pendaftaran dan tanggal lahir gue kewebsite SNMPTN untuk mengetahui hasilnya. Dan hasilnya .....................
Oke,ketika gue ngeliat warna merah gue langsung gemeteran dan nyesek kalo ternyata gue ga lolos SNMPTN 2013 :') Apa karena gue seneng warna merah ya makanya di hasil SNMPTN itu gue dikasih warna merah juga, dan hasilnya gue ga lolos :')
Awalnya gue sempet iri sama temen-temen gue yang udah ketrima SNMPTN di PTN yang mereka pengen, brti mereka udah ga ada beban pikiran lagi untuk nyari PTN. Tapi setelah gue menenangkan diri dan gue pikir-pikir lagi, buat apa gue terlalu mikirin hasil SNMPTN  ini. SNMPTN kan sistemnya kita cuma nyerahin nilai rapot, milih PTN dan jurusan, terus kita tinggal boker buat liat hasilnya. Jadi mungkin ada mereka yang lolos SNMPTN itu pinter menyesuaikan nilai rapot, PTN, dan jurusan yang mereka pilih jadinya mereka bisa lolos.
Saat gue dapet hasil negatif yang kayak ini ada 2 hal yang bisa gue lakukan. Yang pertama, gue nangis berhari-hari ga berenti-berenti sampe seminggu, mau makan galau, tidur galau, boker juga galau. Atau yang kedua, gue segera ambil tindakan langkah apa selanjutnya yang harus gue pilih dan melupakan hasil dari SNMPTN tersebut. Gue sih lebih milih yang kedua daripada gue harus nangis berhari-hari mikirin hasil SNMPTN, mau ngapa-ngapain galau dan merasa hidup gue berakhir disini.
Guys, satu hal yang perlu kita tekankan "Hidup bukan cuma hari ini doang" masih ada hari esok yang lebih indah, dari pada galau terus-terusan mending kita segera berpikir dan cepet ambil langkah kedepannya mau gimana. 
Kalo SNMPTN kita gagal kan masih ada SBMPTN. Daripada galau ga jelas kan mending belajar persiapan untuk SBMPTN ya ga ? lagian mau nangis sampe air mata lo abis juga tu hasil gabakalan berubah -___-
@berthousjp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar